Perawatan rantai…Tak ada paddock, dongkrakpun jadi

IMG_20140306_080259

Assalamualaikum

Pagi semuaaaa… Dini hari tadi, owr cari menu sahur diburjo 24 jam dengan ninjrot, karena hening dan senyapnya jam 2 pagi, suara kemrosak dari rantaipun terdengar, wah sepertinya butuh jamu nih. Setelah langit mulai terang owr langsung beli chainlube ditoko deket rumah, ngemeng2 ninjrot itu motor yang rempong, yah seperti motor2 lain sepadananya, ngga punya standart tengah, biasanya digelindingin maju dikit2 motornya, nah kalo kebetulan pas didalem garasi, maju mundur ngepress, jalan satu2nya pake tenaga dalem, junjung puter, motornya dijunjung, velgnya diputer, haduuuhhh.

IMG_20140306_074931

Sebenarnya ada alat pembantu untuk hal ini, yaitu paddock. Tapi kebetulan owr belum punya, harga dipasaran beragam dari 150an ribu hingga jutaan, mahal ngga sanggup beli, jadi owr cari alternatif lain, yaitu over dongkrak!!! yah dongkrak mobil owr dirumah daripada nganggur owr gunakan untuk menopang sisi kanan arm agar roda belangkang dapat terangkat, dan dapat diputar. Hal tersebut dapat lebih memudahkan kita dalam menyemprotkan chain lube.

IMG_20140306_080308Ups, merknya kliatan hehe… Owr biasa pake merk tersebut karena menurut owr kekentalan cairanya pas daripada merk yang bergambar bendera italy, kenapa, karena cairan wadah biru ini lebih encer dan seakan2 tak cuma berfungsi sebagai lube, tapi juga wax. Kotoran, karat, dll luntur sendiri setelah disemprot. Berbeda dengan gambar italy, cairanya kental, n sewaktu disemprot dipermukaan rantai malah membusa. Sewaktu dijalanan rasanya malah debu kotoran pada nempel, rantai beserta gir jadi item semua, kurang enak dipandang.

Terakhir perlu diketahui perawatan rantai itu suangatlah penting, karena rantai merupakan media penyalur tenaga dari mesin ke roda penggerak motor, kalo sampai karat, kering, dan ngga lurus lagi, pasti akan menimbulkan ketidaknyamanandan bahkan kerusakan dirantai itu tersebut, owr pernah mengalami putus rantai diwaktu perjalanan solo-pacitan dengan supra X kakak owr. Beban owr+motor sangat menyiksa rantai yang kebetulan kurang terawat waktu itu, sehingga sewaktu tanjakan, rantaipun menyerah dan putus. Maka dari itu selalu amati kondisi rantai, lumasi dengan pelumas yang sreg dengan hati, jika pake gemuk, oli ato tap, umur pelumasan pasti lebih lama dibanding model semprot, tapi mungkin kotoran cepet nempel, tapi jika kita pakai model semprot setelah kehujanan atau dicuci wajib kita lumasi lagi agar tidak timbul karat. Lebih boros sih, tapi demi motor yang kita sayangi apa sih yang ngga?

Advertisements
This entry was posted in Perawatan and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s