Rider gendut perlu lebih hati2 saat cornering

IMG_20140828_084747

Assalamualikum…
Selamat pagi para pembaca, sewaktu berangkat ke kantor tadi OWR mendapat musibah hampir ndlosor saat menaiki ninjrot ditikungan oval yang panjang. Fyuuhhhh ngeri banget, tetapi alhamdulillah ngga sampai jatuh. Musibah tersebut diawali dengan OWR yang riding santai menuju kantor, dan sewaktu masuk tikungan OWR sengaja ngga melakukan braking yang terlalu keras, karena emang ngga kenceng-kenceng banget. OWR melakukan cornering ke kanan, dan eeee terlalu miring hingga traksi ban belakang hilang akibatnya knalpot n body samping gasruk ke aspal. Kok bisa dan apakah ada hubunganya dengan berat badan pengendara? Berikut pendapat OWRIMG_20140828_0846591. Hubunganya dengan hilangnya traksi ban belakang, OWR menggunakan ban belakang ZENEOS ZN62 berukuran 150/60 yang melekat di velg ukuran 4,5 inchi. Karakter ban tersebut nampaknya kurang lebar dan terkesan minim grip disisi pinggir ban. Mungkin dengan ban yang lebih lebar misalnya 160/60 bentuk ban menjadi lebih men donut, dan grip sisi pinggir ban lebih luas, sehingga hilangnya traksi bisa diatasi

2. Hubunganya dengan feeling mengambil cornering, OWR telah menggunakan footstep underbone dengan setelan lebih tinggi dan lebih kebelakang. Hal tersebut membuat OWR ngga ragu untuk memiringkan body motor lebih ekstrim karena biasanya sepatu berikut footstep standar selalu gasruk aspal, trus setelah diganti pasti aman. Tapi kok tetep gasruk ya? Brarti feeling dan dugaan OWR yang salah. Karena gasruk point bukanya footstep tapi sampai ke knalpot bahkan body.

3. Rebound karena jalan ngga rata yang membuat pantulan shock belakang ngga terkendali, nah ini dia yang berhubungan dengan berat badan rider, berat OWR yang hampir 120kg makin membuat shock belakang saat cornering+kena jalan ngga rata tertekan hingga titik ambles terjadi, nah seakan-akan memiringkan motor ceper, miring sedikit saja pasti gasruk deh.

 

Maka dari itu, kejadian ini benar-benar menjadi pelajaran bagi OWR dan Alhamdulillah OWR tidak mengalami kejadian lebih buruk sehingga OWR bisa berbagi pengalaman sekaligus mengingatkan ke rekan-rekan dan para pembaca. Berat badan yang lebih bagi kita tentunya membuat kewaspadaan yang lebih juga dalam berkendara roda dua. Hal sepele seperti ngga ratanya jalan pun bisa menjadi ancaman saat menikung dengan kecepatan pelan. Keep Safety Riding Over Weighter

Wassalamualaikum

Advertisements
This entry was posted in Informasi, Tips dan Trik and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s